5 Pengalaman Berharga Dari ‘ACICIS’ – (Australian Consortium for In-Country Indonesian Studies).

   Bisa bekerjasama Menjadi bagian dari ACICIS menurutku adalah sebuah kebanggaan tersendiri pasalnya pengalaman bekerjasama bersama orang asing tak bisa dipandang remeh, selain bekerja keras kita juga  harus belajar saling menghargai, saling menghormati antar sesama budaya. Tak hanya itu saja kalian juga akan mendapatkan pengetahuan baru tentunya.

  ACICIS merupakan sebuah lembaga kerjasama antara pemerintah Australia dan Indonesia dalam bidang penddikan terdapat di berbagai kota, salah satunya ada di Malang. Terdapat program-program khusus di setiap daerahnya, kebetulan ditempatku adalah program “East Java Field Study” yaitu program tentang sosial budaya yang ada di Jawa Timur.

    Disini saya akan membagikan lima pengalaman yang cukup berharga  kurang lebih lima bulan telah  kami lewati.

1. Bersama ACICIS akan memperbaiki Bahasa Inggris Kamu!

Ketika kalian telah bergabung dalam sebuah organisasi maupun lembaga internasional tentunya kita dituntut selalu bisa berbicara bahasa inggris, oleh karena itu hal itu benar-benar saya rasakan yaitu terkadang kita (saya bersama teman-teman ACICIS) saling berbicara dalam bahasa Inggris sewaktu waktu, itu yang saya rasakan untuk memperbaiki bahasa Inggrisku apalagi buat kalian yang suka Brithis Accent bisa di terapkan tuh, tetapi terkadang mereka juga membutuhkan peningkatan berbahasa Indonesia  jadi kita saling belajar satu sama lain.

2. Ketika Di ACICIS kalian akan dituntut mandiri!

Pengalaman berharga ini juga saya rasakan. Kala itu saya bekerjasama di ACICIS untuk  membantu salah satu mahasiswa ACICIS untuk mencarikan informasi tempat tinggal, surat-surat perizinan penelitian ke pemerintah maupun ke instansi pendidikan. Disini saya benar-benar dilatih dalam bertanggung jawab dengan apa yang telah saya kerjakan.

3. Di ACICIS kalian juga akan tau, bagaiamana cara bekerja bersama orang asing dalam suatu projek.

Dalam bekerja bersama orang asing, kalian harus bisa memperlihatkan bagaimana komitmen kita, seperti yang telah kita ketahui bahwa sebagian besar masyarakat indonesia kurang menghargai waktu sampai kita dikenal ‘jam karet’. Disini  kalian akan terbiasa On Time secara tidak langsung. Malu dong kalau molor terus?

4. Oh iyaa.. Disini Kalian pastinya mendaptkan teman-teman baru!

Sebenernya  ini poin pertama sih tapi ga papa lah mungkin bisa kalian balik sendiri yah hehe. Disini kalian akan mendapatkan teman dari berbagai macam jurusan, dan tentunya juga teman-teman mahasiswa ACICIS itu sendiri.

5. Bisa menjadi batu loncatan untuk bergabung di organisasi-organisasi internasional lainya.

Ini juga saya rasakan yaitu ketika saya bekerja bersama ACICIS saya mendapat kesempatan untuk membantu organisasi lain , karena setidaknya kalian menjadi prioritas utama ketimbang yang lainya karena kalian memiliki pengalaman sebelumnya.

Sedikit Foto-Foto Mahasiswa ACICIS Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Periode 2015 (Sep-Des)
6848a57a-472c-40d2-8ac6-447e0c6f59e1
Foto Ketika Upacara Mahasiswa Baru di UMM
5912497f-142c-4fb9-8262-d95427b0feba
Upacara Pembukaan dengan Pelepasan Balon Raksasa.
cd20d8ed-a1f3-49f4-9ced-704c98cc687a
Kuliah Perdana Mahasiswa ACICIS. dari kanan : Jenelle Falcone, Cameron Witherd dan Sally Swinnen
4a45f0a6-e7c9-4e37-82ab-42bc4f693112
Para Staff ACICIS Yogya, Malang, Pengajar.

 

well, itu tadi sedikit share dari saya, have a nice day yah! thankyou see you next time everyone!

Leave a Reply

