Perbincangan Inspiratif Minggu Malam

Berkumpul atau sekedar ngobrol mungkin menjadi hal yang umum dikalangan anak muda saat ini. mereka menghabiskan sore hari di akhir pekan untuk sekedar bertemu saling melepas rindu bagi yang LDR atau mungkin bagi mereka yang jarang bertemu nongkrong menjadi penyemangat sebelum menjalani aktivitas awal pekan yang terkadang terasa berat.

Nah, kemarin menjadi salah satu momen yang cukup menarik dalam sepekan ini. karena aku bertemu seseorang dengan kebiasaan yang cukup unik di banding kebanyakan anak muda pada umumnya, ataupun hal-hal yang pernah terjadi dalam hidupnya yang mungkin bisa dibilang tak masuk akal jika kita berfikir secara logis.

IMG_20160320_200645
Dok. Pribadi

  Aku memilih tempat yang menurutku memiliki view yang cukup bagus antara outdoor dan keramaian kota dari lantai paling atas salah satu cafe kecil di perbatasan kotaku dan kota malang kami bertemu dan saling berbagi cerita. Awalnya kami saling bercerita tentang bagaimana aktivitas maupun kesibukan satu sama lain serta sedikit berbagi pengalaman tentang yang hal-hal kecil, bagaiaman budaya keluarga dalam mendidik anak-anaknya, sampai pada akhirnya ia juga menceritakan impian serta kebiasaan kami yang membuat aku sedikit sadar bahwa masih banyak waktu yang aku sia-siakan selama ini. kami menghabiskan kurang lebih dua jam untuk menyelesaikan semua perbincangan inspiratif kami dengan sempurna.

  Ia menjelaskan tentang bagaimana keluarganya mendidiknya dengan cara yang tak biasa seperti kebanyakan orang tua lain yang mungkin tak se-keren keluarganya menurut saya. yaitu keluarganya selalu melatih untuk hidup mandiri dan hidup sederhana, itu tertanam sejak ia masih kecil misalnya, jika ia ingin mendapatkan sesuatu hal pasti harus ada sesuatu hal yang ia capai tapi ia tak menjelaskan satu hal itu apa tetapi sepertinya dalam hal akademis dan itu yang membuatku tertarik dengan budaya bagaimana keluarganya dalam memberikan pendidikan kepada anaknya.

  Terutama ayahnya selalu mengatakan memberikan gambaran langkah-langkah yang harus di capai dalam mencapai impian-impianya. salah satu yang membuat aku suka adalah bagaimana keluarganya membuat kesepakatan kepada anaknya (dia) yakni ia belum bisa balik ke tempat asalnya sebelum mencapai titik kesuksesan tertentu ironisnya dia adalah anak tunggal dan cewek. It was so incridible thing for me, baik dalam mendidik bukan berarti bahwa keluarganya selalu ambil bagian dari segala situasi serta memberikan fasilitas yang lebih dari cukup tanpa memberikan pelajaran bagaimana perjuangan orang tua mereka dalam memberikan segala macam fasilitas entah itu untuk belajar, hobby dan lain sebagainya. Tetapi mendidik baik menurut saya terkait dengan apa yang ia katakan adalah dengan melatih anak-anaknya untuk bekerja keras serta mandiri sebagai bentuk kepedulian orang tua terhadap masa depan yang akan ia (anaknya) lalui.

  Ia juga memiliki cita-cita yang unik dalam waktu dekat ini yaitu ingin mengajak tetangganya untuk makan ‘enak’ karena ia pernah berkunjung ke tempat salah satu tetangganya untuk melihat bagaiaman kondisi tetangganya yang sedikit kurang mampu dilain sisi kita sering melihat teman-teman kita mungkin termasuk saya juga dalam memperlihatkan kepada orag-orang, entah teman kita maupun follower kita ketika kita check in di salah satu tempat mewah, belum lagi share di timline medsos kita yang seakan kita inggin memperlihatkan bahwa kita adalah orang berkecukupan. Tetapi kita sendiri kurang peduli terhadap orang-orang sekitar kita yang masih sangat membutuhkan bantuan kita.

 Mungkin beberapa hal di atas bisa memberikan gambaran agar kita selalu berusaha menjadi lebih baik setiap hari. Terimakasih telah meyempatkan waktunya untuk membaca! ada saran atau kritikan? silahkan komen di bawah.. Terimakasih! have a nice day!

Advertisements

5 thoughts on “Perbincangan Inspiratif Minggu Malam

  1. Bener banget. Anak nggak boleh dimanja, tapi juga jangan ‘disiksa’. Tantangan dari orang tua adalah hal terindah dari orang tua untuk anaknya. Karena anak akan menuju masa dewasa, dan dunia dewasa adalah dunia penuh sulit yang harus dipersiapkan mental untuk menghadapinya dari sekarang.

    Nice. tapi semuanya disamarkan ya? Xd

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s