20 Nasehat Finansial dari Li Ka-shing , Pria terkaya Se-Asia.


Majalah forbes memberikan sebuah penghargaan yang menjadikan Li Ka-shing menjadi orang tekaya Se-Asia pada februari tahun ini.

Saya rasa, pastinya ia telah melewati berbagaimacam pahit manis kehidupan sampai pada titik sekarang. Menjadi orang paling kaya di Asia, serta ke-18 di dunia.

Masa kecilnya cukup menderita, ketika ia memutuskan untuk keluar dari sekolah untuk membantu keluarganya. Mungkin, itu adalah keputusan paling pait yang pernah ia rasakan sebagai anak-anak.

Dengan pasang surutnya perjuangan yang telah ia lewati, sekarang ia hanya tinggal merasakan hasil kekayaanya.

Namun beberapa nasihat berikut ini tidak wajib kalian ikuti, namun terlalu sayang jika dibaca saja. Langsung saja,

1. Berapapun pendapatanmu bagi pada lima bagian sebesar : 30%, 20%, 15%, 10% dan 25%

pexels-photo
                                 Sumber

30% Pertama untuk kebutuhan dasar misalnya, Sarapan, makan siang, makan malam. Semasa muda tubuh kita masih memiliki cukup kekuatan untuk mengurangi pola makan, sehingga kita tidak terlalu kesulitan ketika untuk menguranginya.

2. Atur 20% keuanganmu utuk menambah teman baru dan juga teman dekat. Jangan Pelit!

Business Colleagues Together Teamwork Working Office
                                 Sumber

Atur tagihan phone seminimal mungkin. Ajak temanmu untuk makan malam, atau sekedar makan siang. Teman yang seperti apa? Mereka yang lebih bijak daripada kamu, yang lebih kaya, atau yang paling membantu karirmu.

Pastikan kamu mengajak orang-orang yang bekerja lebih keras dan memiliki impian yang lebih besar daripada kamu. Setelah pada jangka waktu tertentu hal ini akan memberikan dampak positif dalam pertemananmu. Selain itu dampak pengaruhmu dan reputasimu akan lebih cemerlang.

3. Atur 15% keuanganmu untuk mengasah skill.

pexels-photo-122162
Sumber

 

Usahakan setiap bulan kamu menyisakan sebagian uang untuk membeli buku. Belajarlah sebanyak mungkin. Setelah itu sesekali cobalah untuk menjelaskan apa yang telah kalian pelajari, khususnya kepada orang lain dengan menggunakan bahasamu sendiri. Penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu membantumu untuk belajar dengan lebih baik.

Selain itu,  kamu juga bisa berkunjung ke sebuah acara seminar atau mengikuti sebuah kursus. Banyak orang sukses menghadiri acara pelatihan. Salah satu contohnya yaitu, Warren Buffet ia pernah menghadiri  Dale Carnegie’s sebuah kursus ‘Public Speaking’ . bukan hanya sekedar mengasah skill, disana kalian juga bisa bertemu banyak orang yang mungkin saja sejalan dengan tujuan kita.

4. Kempat, sisakan sebagian 10% lainnya untuk travelling, usahakan ketempat yang jauh.

pexels-photo-109917
                                            Sumber

Ajak dirimu minimal setahu sekali untuk pergi ke tempat yang jauh untuk jalan-jalan. Travelling akan mengajarimu tentang dunia serta mendapatkan berbagaimacam pengalaman rasa yang menarik.

Setelah kalian bertemu berbagaimacam golongan, budaya, dan berbagaimacam prespektif dalam kehidupan ini akan membantumu untuk tumbuh sebagai manusia sesungguhnya. Semakin sering kalian bertemu hal baru, ini akan membantu kalian untuk mempertajam pandangan suatu hal termasuk juga dalam hal berbicara.

5. Kelima, atur 25% sebagian dana lainya untuk INVESTASI.

pexels-photo-136139
                                            Sumber

Simpan keuanganmu untuk menabung. Entah di Bank atau kantong pribadi. Gunakan dana ini untuk memulai berbisnis, seperti UKM kali ya?

Bisnis kecil relative lebih aman. Selama bisnis itu tidak membuat kita kehilangan banyak uang. Bahkan seandainya saja kita kehilangan uang kita, kamu tidak akan kehilangan banyak.

Bagaimanapun ketika kalian mampu memulai menghasilkan uang, ini akan meningkatkan rasa percaya diri maupun usaha kita.

Setelah beberapa tahun kedepan, kalian mulai bisa untuk memulai menyimpan untuk jangka panjang. Pengalaman ini akan menjadi saksi perjuanganmu ketika diwaktu sulit dan membuktikan bahwa keuanganmu stabil bersama dengan kehidupan berkualitas.

6. Beberapa tahun berjalan dan penghasilanmu tidak juga meningkat, baik, kamu belum berkembang sebagai manusia dan kamu harus sangat malu.

 

funny-memes-pictures-20-17-best-images-about-memes-on-pinterest
Sumber

 

 

“ Lakukan hal ini untuk merasakan rasa dari kegagalan, dan pergi ke supermarket lalu belilah sebuah tahu yang paling keras. Taruh dan benturkan dengan kepalamu karena kamu pantas mendapatkanya. lucu juga sih ya? hahaha..

7. Bahkan jika penghasilan bulananmu telah meningkat, tetaplah bekerja keras. 

brooke-cagle-193475
                                            Sumber

Kamu mungkin bisa mencoba untuk bekerja di paruh waktu usahakan pada bidang penjualan (Sales) mengapa?

Menjadi sales itu penuh tantangan, terdapat skill yang sangat berharga hingga sepanjang hidup. Kamu akan memiliki kemampuan untuk menjual mimpimu, ide-ide serta visi. Kamu juga akan berinteraksi kepada banyak orang yang memiliki kesamaan nilai dalam kehidupan kita. Kamu juga akan berkembang pada kemampuan dari apa yang layak untuk dijual dan mana yang tidak.

Sehingga  hal apa saja yang mungkin sukses dan barangkali yang tidak kamu mampu memgetahui jauh lebih baik.

8. Cobalah membantu pebisnis disekitarmu, ada banyak pebisnis yang membutuhkan bantuan.

Processed with VSCO with lv02 preset
                                                      Sumber

Tawarkan dirimu untuk terlibat dalam sebuah bisnis setidaknya kamu bisa mengambil bagian part time (Paruh waktu). Hal ini bukan saja untuk mengasah skill mu, namun juga membantumu menjadi lebih elegan.

9. Berapapun penghasilanmu, selalu bagi pada lima bagian dengan baik.

office-notes-notepad-entrepreneur-38556
                                            Sumber

Selalu mencoba untuk menunjukan kontribusimu yang bermanfaat. Perluas tali pertemanan. Tingkatkan skill dan pegalaman dengan menginvestasikan pada hal-hal yang berguna untuk diri kita. semakin kita bernilai, orang-orang akan memulai memperhatikan kita sejalan dengan itu penghasilan juga akan mengingkat. Selalu investasikan dana pada hal-hal seperti pembelajaran, soft skill, travelling, pengalaman dan kehidupan dimasa datang.

10. Setelah beberapa tahun kalian akan memulai mendapatkan surplus yang lebih besar dan tantangan yang jauh lebih besar lagi.

Man feeling freedom on open sea
                                           Sumber

Tubuhmu akan lebih kuat sebagaimana mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Kalian akan memiliki teman dan koneksi yang banyak. Kalian akan memulai mendapatkan pelatihan yang lebih baik, begitu juga degan mendapati peluang yang lebih baik. Serta kesiapan untuk projek dan peluang yang lebih besar.

Selanjutnya, kalian akan menemukan jalan yang tepat untuk menggapai impian anda mendapati keuntungan yang lebih besar untuk membeli rumah, mobil, dan pendidikan untuk anak-anak dimasa mendatang.

11. Nasehat dalam “Seni dari Kehidupan”:

Terdapat teori yang cukup popular dari Harvad:

“A person fate is decided by how he/she spends his/her free time between 10:00 PM to 12:00 AM.”

Gunakan dua jam dari waktu tersebut untuk berfikir, belajar dan gunakan untuk diskusi yang bermanfaat. Jika kamu tetap gigih dalam beberapa tahun, kesuksesan akan datang dan mengetuk dari berbagai pintu.

12. Tidak ada yang salah untuk menjadi muda, kamu tidak perlu takut untuk miskin.

A photo by Igor Ovsyannykov. unsplash.com/photos/pO7syp21tnA
                                            Sumber

Kamu hanya perlu untuk selalu invest pada diri sendiri, seperti yang telah saya jelaskan beberapa contoh diatas. Selalu tingkatkan kebijakanmu dan nilai-nilai kehidupan. Kamu harus bisa membedakan antara mana yang layak untuk berinfestasi dan mana yang penting. Kamu harus mempertimbangkan hal yang layak  untuk dihabiskan pada uangmu. Itu adalah essensi dari disiplin. Cobalah untuk menghindari terlalu banyak menghabiskan uang untuk baju. Cobalah mengurangi sedikit makanan.

Mirip sama motonya Steve Job ya keliatanya “Stay fool, Stay Hungry.” 

13. Jangan berlebihan dalam belanja. Seperti baju, sepatu atau barang materi.

pexels-photo-291762
                                            Sumber

Kamu bisa membeli sebanyak mungkin kapanpun ketika kamu telah kaya. Simpan uangmu dan beli sebuah hadiah kepada orang yang paling kamu cintai. Bilang kepadanya mengapa kamu hemat dan juga ceritakan mereka tentang tujuan, impian dan rencanamu kedepan.

Ketika kamu jatuh miskin, be good to others. Jangan perhitungan dalam kebaikan.

15. Ketika kamu jatuh miskin, habiskan sebagian uangmu kepada teman-termanmu sehingga mereka tau bahwa kalian tidak pelit.

16. Ketika kamu akhirnya kaya, jangan sombong. Ketika kamu jatuh miskin, kamu tetap harus beretika baik.

Ketika kamu kaya jangan boros. Kehidupanmu telah datang dengan berbagaimacam kehidupan. Ini adalah tujuan akhir. Kamu akan menemukan tempat dalam kehidupan ini.

17. Ketika mata pencaharianmu tidak lagi menemukan banyak krisis, gunakan pengingat untuk memanfaatkan uangmu untuk mengapai mimpi-mimpimu.. 

pexels-photo-259027
                                            Sumber

Lebarkan sayapmu dan tantang mimpimu! Pastikan kamu menjalani kehidupan yang menarik dan bahagia.

Apapun yang terjadi dimasa lalu, jangan tinggal pada masa lalu.

Tak ada hal yang disesali untuk tumpahan susu. Setiap orang membuat kesalahan. Itu adalah pelajaran yang bisa diambil. Ketika kamu kehilangan peluang, jangan terlalu dipikir ulang. Tidak setiap peluang adalah peluan kamu.

18. Keahlian tersenyum ketika ada kesalahan pahaman adalah hal yang langka. – itu sebuah tanda dari pembawaan diri yang baik.

pexels-photo-89873
                                                                     Sumber                                            

Ketika kalian melakukan kesalahan dan tersenyum secara tulus, itu adalah tanda dari kebaikan. Ketika orang lain telah mengambil keuntungan dari kita dan kita tersenyum, ini adalah tanda  bijak dalam berfikir juga sangat terbuka. Ketika tak seorangpun membantu dan kamu tersenyum, itu merupakan tanda sebuah ketulusan. Ketika kamu terlihat menyerah dan kamu tersenyum. Itu merupakan tanda dari rasa percaya diri.

Kehidupan dapat di atur. Karir dapat direncanakan. Kebahagiaan dapat disiapkan. 

Kalian harus mulai merencanakan dari saat ini. Ketika kalian miskin, habiskan sedikit waktu di rumah dan banyak waktu diluar (Hijrah). Ketika kalian kaya lakukan hal sebaliknya. Ketika kalian miskin, habiskan sebagian uangmu untuk hal lain. Ketika kalian kaya habiskan waktumu untuk dirimu sendiri.

Semoga tulisan ini membantu!

Terimakasih! Kritik, saran apapun diterima.

Referensi :

What is the single most effective piece of financial advice you’ve ever received? by @MaverickLin https://www.quora.com/What-is-the-single-most-effective-piece-of-financial-advice-youve-ever-received/answer/Maverick-Lin?share=cf831b32

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s