Secarik Cerita Jelang Ramadhan 2019

Source:

Sudah sekitar dua jam kuhabiskan waktuku di cofe shop. Air hujan sore tadi masih membekas di sepanjang kawasan Kemang Selatan, Jakarta, Minggu (7/4).

Tanp terasa, saat lagu Maher Zain berjalan di spotify tiba-tiba aku teringat bulan suci Ramadhan. Tahun ini Muhammadiyah menetapkan puasa pada 6 Mei 2019 dan Lebaran pada 5 Juni 2019. Pada tahun ini pula akan menjadi Ramadhan kedua bagiku selama tinggal di Jakarta.

Tentu saja ketika momen bulan puasa akan tiba selalu membuatku bahagia, dan perasaan itu selalu aku rasakan sejak pertama kali ibuku mengenalkanku puasa sekitar 17 tahun lalu.

Waktu pertama kali ibuku mengenalkanku puasa pada saat aku uduk di bangku kelas 3 SD. Dia mengatakan agar aku memulai belajar berpuasa sejak dini.

“Bang Latif belajar puasa ya? puasa dhuhur dulu enggak papa. Kalau enggak kuat boleh mokel,” katanya saat mengajakku untuk memulai puasa. 

Harus diakui bahwa latar belakang keluargaku memang getol menanamkan nilai-nilai Islam sebagai prinsip hidup. Tapi jangan disalah artikan bahwa kami benar-banar orang yang sempurna ya? haha..

Setiap orang akan selalu berharap dapat menikmati berpuasa bersama keluarga. Termasuk, aku. Mungkin, saat tahun lalu perasaan rindu berkumpul bersama keluarga sangat besar. Tapi pada tahun ini aku merasa bisa meredam sedikit kerinduan itu. Mungkin karena sudah terbiasa dan memiliki banyak teman-teman yang juga memiliki nasib serupa.

Salah satu tradisi pada saat bulan puasa di keluargaku yang paling membuat rindu adalah pada saat berbuka bersama, shalat tarawih bersama dan shalat malam hari pada 10 hari terakhir. Bagiku, Tiga momen tersebut tidak akan pernah bisa ditukar dengan uang berapapun harganya. 

Bagi umat muslim, saat kalian mampu melewati bulan Ramadhan dengan penuh perjuangan seperti bangun sahur (sekitar 03.00–04.00 pagi ) setiap hari, sholat malam, baca al-qur’an dan shalat 5 waktu di masjid menjadi sebuah kemenangan. 

Dan kalian akan menebus semua perjuangan tersebut di malam sebelum esok hari lebaran. Kemenangan yang akan kalian rasakan bersama-sama umat muslim seluruh dunia.

Semoga Ramadhan kali ini akan menjadi berkah! Amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s